Memperpanjang SIM Online, Bagaimana Caranya?

Memperpanjang SIM Online -POLRI resmi meluncurkan layanan Surat Izin Mengemudi / SIM Online. Program ini dibuat agar memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku SIM tanpa harus pulang kampung ke daerah asal tempat penerbitan sim.

Gambaran umum memperpanjang sim Online

Bila sebelumnya perpanjangan sim biasanya kita urus di polres atau polda tempat dimana SIM kita diterbitkan, namun sekarang anda sudah bisa mengurus perpanjangan SIM di mana saja di Indonesia, dulu mengurus perpanjangan SIM memang repot tapi sekarang tidak lagi. Bila SIM anda diterbitkan di Jakarta namun sekarang anda tinggal di Bali, maka prosedur perpanjangan SIM Online adalah satu satunya pilihan paling efisien yang anda miliki.

Perpanjang SIM Online

Kapan harus memperpanjang SIM?

Kapan Harus Memperpanjang SIM Online?

Perpanjangan SIM dilakukan sudah dapat dilakukan 14 (empat belas) sebelum masa berlaku SIM berakhir sampai dengan 3 (tiga) bulan setelah masa berlaku SIM berakhir. Apabila perpanjangan SIM dilakukan melewati tenggat waktu, maka SIM anda sudah tidak dapat diperpanjang lagi, anda harus membuat SIM mengikuti prosedur pembuatan SIM baru.

Biaya memperpanjang SIM Online

Biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp 80 ribu, sedangkan biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75 ribu.Biaya itu belum termasuk biaya tes kesehatan. Khusus DKI Jakarta, Polda menerapkan biaya sebesar Rp 25 ribu. Selain itu masyarakat dianjurkan membayar asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu. "Asuransi ini sifatnya adalah anjuran, tidak dipaksakan,"
Biaya Memperpanjang SIM A dan SIM C

Biaya Memperpanjang SIM A :

Administrasi          Rp   80.000
Tes Kesehatan        Rp   25.000
Asuransi                 Rp   30.000
Total                      Rp 135.000

Biaya Memperpanjang SIM C :

Administrasi          Rp   75.000
Tes Kesehatan        Rp   25.000
Asuransi                 Rp   30.000
Total                      Rp 130.000

Dokumen yang harus disiapkan untuk memperpanjang SIM Online

Untuk membuat perpanjangan SIM secara online dokumen yang harus anda siapkan tidak banyak, yaitu :
  • e-KTP asli dan fotokopi
  • SIM lama yang asli

Proses memperpanjang SIM Online kurang lebih adalah sebagai berikut :

Pemeriksaan kesehatan saat memperpanjang SIM Online

Pemeriksaan Kesehatan saat Perpanjangan SIM Online

Tahap pertama proses memperpanjang SIM adalah menjalani pemeriksaan kesehatan, Anda akan dipanggil untuk diperiksa tekanan darah dan tes buta warna, di beberapa daerah biasanya pemeriksaan kesehatan dapat anda lakukan di tempat lain, saat menghadap petugas biasanya cukup membawa hasil pemeriksaan saja.

Pembayaran perpanjangan SIM Online

Pembayaran perpanjangan SIM Online

Setelah pemeriksaan kesehatan, anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran di loket Bank BRI, teller loket pembayaran akan memberikan anda bukti pembayaran, selain itu pembayaran juga dapat anda lakukan melalui transfer sms banking atau internet banking Bank BRI.

Mengisi formulir perpanjangan SIM Online

Setelah bukti pembayaran diserahkan kepada petugas pendaftaran, anda akan diberikan formulir permohonan perpanjangan SIM, silahkan anda isi sesuai dengan data pribadi yang anda miliki : nomor nik, nama lengkap, nomor SIM yang hendak diperpanjang, dll

Menyerahkanformulir permohonan perpanjangan SIM Online

Setelah mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM, formulir tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas dengan dilengkapi dokumen yang telah anda persiapkan sebelumnya, yaitu : KTP asli yang masih berlaku dan fotokopinya, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari dokter, SIM asli yang akan diperpanjang.

Pengambilan Foto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan


Proses Pengambilan Foto SIM Online

Setelah menyerahkan seluruh kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk memperpanjang SIM, anda diarahkan untuk menunggu panggilan untuk foto, pengambilan sidik jari, dan tanda tangan di ruang tunggu.

Pengambilan SIM yang telah diperpanjang

Petugas akan memanggil nama anda begitu SIM anda selesai dicetak

Prosedur memperpanjang SIM Online yang diuraikan di atas mungkin akan berbeda di tempat lain, namun persyaratan, biaya, dan prosesnya kurang lebih sama.

Katanya Memperpanjang SIM Online, Kenapa harus datang ga via internet saja?

Yang dimaksud dengan perpanjang SIM online disini adalah terkoneksinya database kependudukan, Dirjen Perbendaharaan, Bank sebagai penerima pembayaran, dan POLRI, sehingga memungkinkan memperpanjang SIM diluar daerah asal penerbit SIM. Bila yang anda maksudkan perpanjangan SIM online adalah semua prosesnya via internet apakah SIM akan anda cetak di kertas A4 ? :D POLRI sudah berusaha kita syukuri dan support aja yuk.....

Baca juga :

Perpanjang SIM di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas SIM)
Perpajang SIM di Gerai SIM / SIM Corner

0 Response to "Memperpanjang SIM Online, Bagaimana Caranya?"

Post a Comment